PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADTOGETHER) PADA MATERI BILANGAN BULAT

FITRIATUL JANAH

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa aktif dan mudah berinteraksi dengan orang lain adalah
pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) aktivitas siswa, (2)
kemampuan guru, (3) hasil belajar siswa, (4) respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas VII MTs AL HUDA Kepuhbener-Nganjuk yang berjumlah 39
siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru, tes hasil belajar siswa dan angket respons siswa.
Dari analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa masuk ke dalam kategori aktif dengan persentase 100%, kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan mampu mengelola pembelajaran dan efektif karena rata-rata skor
mencapai 3,25 atau menunjukkan kriteria baik, dari test hasil belajar yang diikuti oleh 39 siswa yang tuntas sebanyak 39
siswa atau tuntas semua dengan skor untuk masing-masing siswa ≥ 65, respons siswa terhadap model pembelajaran
kooperatif tipe NHT menunjukkan respons positif. Hal ini dapat dilihat dari persentase respons siswa terhadap model
pembelajaran kooperatif tipe NHT pada setiap pertanyaan diperoleh 100% siswa menjawab senang.
Kata Kunci: Kooperatif NHT, bilangan bulat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.