KESALAHAN SISWA SD DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

DESY RAHMAYANTI KHUMAIRO, AGUNG LUKITO

Abstract


Abstrak

Konsep bilangan bulat penting untuk dikuasai oleh siswa karena merupakan dasar untuk membangun pengetahuan matematika pada jenjang selanjutnya. Namun, pada pendidikan dasar khususnya kelas VI, siswa sering melakukan kesalahan. Hal tersebut menandakan bahwa konsep bilangan bulat belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Untuk mengurangi penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa, diperlukan analisis kesalahan terkait operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 44 subjek yang diberi tes terkait operasi hitung bilangan bulat. Pengambilan data dilakukan dengan meminta beberapa subjek untuk mengerjakan soal tes kemudian melakukan wawancara. Pada penelitian ini digunakan analisis kesalahan Newman. Hasil analisis kesalahan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa SD dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat pada umumnya terletak pada kesalahan membaca (Reading Error), kesalahan pemahaman (Comprehension Error), kesalahan transformasi (Transformation Error), dan kesalahan keterampilan proses (Process Skills Error). Hasil analisis kesalahan ini dapat membantu guru dalam mengidentifikasi penyebab kesalahan yang dibuat siswa sehingga dapat dikurangi dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kesalahan, NEA, dan Operasi hitung bilangan bulat.

Abstract

The concept of integers is important to be mastered by students because it is the basis for developing mathematical knowledge in the next level. However, in primary education especially in grade 6, the concept of integers is not fully mastered by students. This is evidenced by their frequent making mistakes. To minimize and correct errors, an analysis of errors related to arithmetic operations on integers is required. This study is a qualitative descriptive research with 44 subjects who were given tests related to integer operation. Data collection is done by taking some subjects based on the most mistake in doing the task and then doing the interview. This study used Newmans Error Analysis (NEA). The result of error analysis in this study indicates that students errors in performing arithmetic operations on integers generally lie in Reading Error, Comprehension Error, Transformation Error, and Process Skill Error. The results of this error analysis will help teachers identify the causes of errors made by students so that it can be minimized in the learning process.

Keywords: Error, NEA, Arithmetic Operations, and Integer.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.