PROSES PENYELESAIAN SOAL HIGHER ORDER THINKING MATERI ALJABAR SISWA SMP DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

NURINA AYUNINGTYAS

Abstract


Dalam pembelajaran di sekolah guru cenderung menggunakan soal pada buku penunjang yang didominasi dengan indikator mengingat, memahami serta aplikasi dalam Taksonomi Bloom. Soal dengan indikator menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi sedikit sekali terdapat dalam buku penunjang. Indikator menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi adalah indikator soal higher order thinking (HOT). Soal HOT cenderung kompleks dan salah satunya merupakan soal open ended. Ketika siswa dihadapkan soal open ended akan menghasilkan berbagai proses penyelesaian soal. Proses penyelesaian bergantung pada pengalaman dan pengetahuan matematika masing-masing individu.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian soal HOT materi aljabar untuk siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian ini adalah enam siswa RSBI SMPN I Mojokerto kelas VII-D tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah.
Berdasarkan tes tulis soal HOT dan wawancara diperoleh hasil proses penyelesaian siswa T1 tidak memenuhi indikator analysis (differentiating, organizing dan atributting). Siswa T2 memenuhi differentiating dan organizing tidak atributting. Sedangkan siswa berkemampuan sedang dan rendah tidak memenuhi indikator analysis. Siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah memenuhi indikator evaluate (checking dan critiquing). Hanya siswa R2 tidak memenuhi indikator evaluate (critiquing). Pada indikator create terdapat keragaman hasil. Hanya siswa T2 dapat memenuhi indikator create (generating, planning dan producing). Siswa T1 tidak memenuhi indikator create (producing). Siswa berkemampuan sedang dan rendah tidak memenuhi indikator create (generating, planning dan producing). Hanya siswa R1 memenuhi producing.
Kata kunci: berpikir, higher order thinking, analysis, organizing, create


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.