PENALARAN SISWA DALAM MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA

NURUL ISTIQOMAH

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penalaran pada pembelajaran matematika. Keterampilan bernalar diperlukan untuk memahami konsep-konsep matematika sehingga penalaran perlu dilatihkan kepada siswa melalui pembelajaran matematika. Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum 2006, penalaran adalah salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki siswa melalui pembelajaran matematika. Salah satu submateri matematika yang menggunakan penalaran dalam pembelajarannya adalah submateri grafik fungsi trigonometri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran siswa dalam menggambar grafik fungsi trigonometri berdasarkan perbedaan kemampuan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah TMGFT, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 34 siswa. Penalaran yang dianalisis adalah penalaran induktif dan deduktif siswa dalam menggambar grafik fungsi trigonometri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pada kelompok tinggi menggunakan penalaran deduktif dan induktif dalam menggambar grafik fungsi trigonometri sedangkan subjek kelompok sedang dan subjek pada kelompok rendah hanya menggunakan penalaran induktif. Subjek pada kelompok tinggi memenuhi empat dari lima indikator penalaran dalam menggambar grafik fungsi trigonometri. Subjek pada kelompok sedang memenuhi dua hingga empat indikator penalaran sedangkan subjek kelompok rendah tidak memenuhi semua indikator penalaran. Dari beberapa indikator, hanya indikator mengajukan dugaan yang tidak dipenuhi oleh kelompok sedang dan kelompok rendah dan hanya indikator melakukan manipulasi matematika yang dipenuhi oleh ketiga kelompok sekaligus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan matematika berbeda, melakukan jenis penalaran yang berbeda pula.
Kata Kunci: Penalaran induktif dan deduktif, grafik fungsi trigonometri, kemampuan siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.