IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (TKBK) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP

VIVIN SEPTIANA RIYADI PUTRI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal Open Ended pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi semua siswa kelas VIII-A SMPN 1 Kemlagi tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 31 siswa dan 5 siswa yang mewakili masing-masing tingkat menjadi subjek wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat 3 subjek (10%) yang termasuk dalam TKBK 0 (tidak kreatif); (2) terdapat 2 subjek (6.67%) yang termasuk dalam TKBK 1 (kurang kreatif); (3) terdapat 6 subjek (20%) yang termasuk dalam TKBK 2 (cukup kreatif); (4) terdapat 3 subjek (10%) yang termasuk dalam TKBK 3 (kreatif); dan (5) terdapat 16 subjek (53.33%) yang termasuk dalam TKBK 4 (sangat kreatif).
Kata kunci: Soal open ended, Kemampuan Berpikir Kreatif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.