IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

NURIKEN SETYANINGTYAS, SUSANAH

Abstract


Abstrak

Koneksi matematis adalah hubungan atau keterkaitan antara konsep-konsep matematika, hubungan atau keterkaitan matematika dengan disiplin ilmu lain dan hubungan atau keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Koneksi matematis sangat diperlukan dalam setiap belajar matematika. Kemampuan koneksi matematis mempunyai peran yang sangat penting dalam keberhasilan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 32 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Siswa berkemampuan matematika tinggi melakukan semua kegiatan yang ada di indikator kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika; siswa berkemampuan matematika sedang tidak melakukan semua kegiatan yang ada di indikator kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika; siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak melakukan semua kegiatan yang ada di indikator kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika.

Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah, kemampuan matematika

Abstract

Mathematical connection is the relationship between mathematical concepts, the relationship or relevance of mathematics to other scientific disciplines and the relationship or relationship between mathematics and everyday life. Mathematical connections are very necessary in every mathematics learning. Mathematical connection ability has a very important role in student success. The purpose of this research was to describe the mathematical connection ability of students with high, medium and low mathematical abilities in solving mathematical problems. This research was descriptive research with qualitative approach carried out in class VII of SMPN 32 Surabaya in the academic year 2018/2019. The research subjects consisted of one student with high mathematical abilities, one student with moderate mathematical abilities and one student with low mathematical abilities. The research instrument consisted of researchers, mathematical ability tests, problem solving tests and interview guidelines. Students with high mathematical ability do all activities in the indicators of mathematical connection ability in solving mathematical problems; students with moderate mathematical ability are not doing all the activities that are in the indicators of mathematical connection ability in solving mathematical problems; students with low mathematical ability are not doing all the activities that are in the indicators of mathematical connection ability in solving mathematical problems.

Keywords: mathematical connection’s ability, problem solving, mathematical ability



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.