Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Wike Wijayanti, Siti Magfirotun Amin

Abstract


Representasi matematis merupakan penyajian ide matematis yang ditampilkan siswa untuk menemukan solusi masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematika kontekstual, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Ngawi tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang terdiri atas 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Peneliti melakukan wawancara berbasis tanya terhadap 3 siswa yang terpilih untuk menggali informasi lebih dalam sehingga mendapatkan data tentang representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memahami masalah adalah representasi verbal, simbol, dan visual. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika tinggi dalam merencanakan penyelesaian adalah representasi simbol dan verbal. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika tinggi dalam melaksanakan rencana adalah representasi simbol dan verbal. Representasi siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam memeriksa kembali adalah representasi verbal. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika sedang dalam memahami masalah adalah representasi verbal dan simbol. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika sedang dalam merencanakan rencana adalah representasi verbal. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika sedang dalam melaksanakan rencana adalah representasi verbal dan simbol. Representasi siswa berkemampuan matematika sedang dalam memeriksa kembali adalah representasi verbal. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika rendah dalam memahami masalah adalah representasi simbol dan verbal. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika rendah dalam merencanakan penyelesaian adalah representasi simbol. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika rendah dalam melaksanakan rencana adalah representasi simbol. Representasi yang dimunculkan siswa berkemampuan matematika rendah dalam memeriksa kembali adalah representasi verbal.

Kata Kunci: Representasi Matematis, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika Kontekstual, Kemampuan Matematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.