Abstraksi Reflektif dalam mengonstruk Bangun Segiempat

Umi Rif’atul Mardiyah, Mega Teguh Budiarto

Abstract


Penelitian ini tentang profil abstraksi reflektif siswa SMP pada kelompok atas, menengah dan bawah pada materi mengonstruk bangun datar segiempat dengan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui proses level-level abstraksi reflekif dalam mengonstruk bangun datar segiempat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dengan data utama berupa kata-kata mengenai bangun datar segiempat dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP RADEN RAHMAT SIDOARJO tahun ajaran 2018-2019 dan terdiri dari 3 siswa (kelompok atas, kelompok menengah, kelompok bawah). Penelitian ditinjau dari 3 aspek yaitu: kemampuan mengenali, merangkai dan mengonstruk bangun datar segiempat. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa abstraksi reflektif pada kelompok subjek atas, menengah dan bawah dalam mengonstruk hubungan antar segiempat telah melakukan empat level abstraksi reflektif yaitu: (a) pengenalan; (b) representasi; (c) abstraksi struktural; (d) kesadaran struktural; dalam melakukan proses mengenali, merangkai, dan mengonstruk hubungan antar segiempat. Persamaan dari ketiga subjek adalah sama-sama menggunakan atribut panjang sisi dari proses mengenali dan merangkai bangun datar segiempat. Perbedaan dari ketiga subjek adalah hasil akhir proses dari level abstraksi abstraksi reflektif dalam kegiatan mengontruk. Subjek kelompok atas dan kelompok bawah menyendirikan trapesium dari skema hubungan antar segiempat, karena tepat memiliki satu pasang sisi yang sejajar, sedangkan subjek kelompok menengah menyertakan bangun trapesium ke dalam skema hubungan antar segiempat karena  memiliki ciri yang sama yaitu sisi yang sejajar.

Kata Kunci: Abstraksi Reflektif, Mengonstruk Hubungan Segiempat, Bangun Datar Segiempat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.