Strategi Peserta Didik dalam Mengajukan Masalah Matematika

Farah Dita, Tatag Yuli Eko Siswono

Abstract


Strategi pada matematika adalah cara yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Pengajuan masalah dapat digunakan untuk mengidentifikasi strategi matematika pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi peserta didik dalam mengajukan masalah. Peneliti ini menggunakan penelitian deskripif dengan data kualititatif yang menggunakan tugas pengajuan masalah dan wawancara. Langkah pertama dalam melakukan strategi pengajuan masalah matematika yaitu peserta didik dapat menyelesaikan soal awal terlebih dahulu kemudian peserta didik membuat soal atau mengajukan soal baru dari soal sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas SMP kelas VII yang berada di daerah Kamal. Subjek peneliti terdiri dari 28 peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, ada 89,29% yang menggunakan strategi tipe replacement, 3,57% yang menggunakan strategi reformulation, dan 7,14% yang menggunakan strategi turning the problem around or reversing the problem. Pada strategi replacement, peserta didik mengubah bilangannya. Kemudian pada strategi reformulation peserta didik mengajukan masalah yang sama dalam jenis yang berbeda tetapi menggunakan pengetahuan tentang konsep atau keterampilan yang sama seperti yang dipersyaratkan dari masalah aslinya. Sedangkan pada strategi turning the problem around or reversing the problem peserta didik mengajukan soal yang berbeda dari soal sebelumnya biasanya soal yang dibuat itu mengambil masalah yang sama tetapi mengambil tujuan akhir sebagai diberikan dan diberikan sebagai tujuan akhir.

Keyword:Strategi, Pengajuan Masalah, Problem Posing tipe Post-Solution


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.