Profil Intuisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Ary Ayu Fatima, Susanah Susanah

Abstract


Intuisi adalah kemampuan memahami atau mengetahui sesuatu dengan segera tanpa memerlukan pembuktian terhadap kebenaran. Melalui intuisi, siswa dapat mengolah informasi dan menentukan strategi secara cepat dan tepat. Akan tetapi, dalam pembelajaran matematika, intuisi kurang mendapatkan perhatian dari guru. Selain memperhatikan intuisi, juga perlu memperhatikan gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah karena kemampuan setiap individu berbeda-beda dalam menerima dan mengolah informasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitataif yang bertujuan mendeskripsikan profil intuisi siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelas VIII SMP yang terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data berdasarkan indikator jenis intuisi (affirmatory, anticipatory, dan conclusive) pada setiap tahap pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif pada tahap memahami masalah dan melaksanakan penyelesaian masalah tidak menggunakan intuisi, pada tahap merencanakan penyelesaian masalah menggunakan intuisi anticipaory dan pada tahap memeriksa kembali menggunakan intuisi conclusive. Siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif pada tahap memahami masalah menggunakan intuisi affirmatory, pada tahap merencanakan dan melaksanakan penyelesaian masalah menggunakan intuisi anticipatory, dan pada tahap memeriksa kembali tidak menggunakan intuisi.

Kata Kunci: Intuisi,  Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.