Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Imelda Lette, Janet Trineke Manoy

Abstract


Representasi adalah bentuk interpretasi pemikiran siswa yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Adapun representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh tingkat kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan representasi siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah matematika menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu  siswa dengan  kemampuan matematika tinggi dan satu siswa berkemampuan matematika sedang. Tahap pemecahan masalah yang digunakan adaah tahap pemecahan masalah Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi pada tahap memahami masalah, memunculkan representasi verbal dan representasi simbol. Pada tahap membuat rencana, memunculkan representasi verbal dan simbol. Pada tahap melaksanakan rencana, menggunakan representasi simbol yang sudah tepat. Pada tahap memeriksa kembali menggunakan representasi verbal untuk menuliskan kesimpulan dari jawaban yang diberikan, tetapi tidak melakukan perhitungan ulang. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika sedang pada tahap memahami masalah, memunculkan representasi verbal. Tahap membuat rencana, membuat representasi verbal dan simbol. Tahap melaksanakan rencana, menggunakan representasi simbol. Tahap memeriksa kembali, menggunakan representasi verbal untuk menuliskan kesimpulan dari apa yang dikerjakan.

Kata Kunci: Representasi, Kemampuan Matematika, Masalah Matematika

Full Text: PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.