Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Tipe Kepribadian

Mutamima Mutamima, Janet Trineke Manoy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa. Dengan mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa, guru bisa memilih metode pembelajaran yang cocok untuk masing-masing tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data ini dikumpulkan menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa yang diperoleh dari tes tipe kepribadian. Empat siswa tersebut terdiri dari satu siswa sanguinis, satu siswa koleris, satu siswa melankolis, dan satu siswa phlegmatic dan mempunyai kemampuan matematika setara. Selanjutnya siswa diberikan tes soal cerita untuk dianalisis sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematika. Hasil analisis data dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian sanguinis yaitu akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar (2)   kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian koleris yaitu tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar (3) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian melankolis yaitu akurat, lengkap, dan lancar (4) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian phlegmatic yaitu akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar.

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematika, soal cerita, tipe kepribadian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.