Profil Penalaran Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika

Nadia Latifah, Mega Teguh Budiarto

Abstract


Penalaran spasial sebagai komponen penting dalam berpikir dan pemecahan masalah matematika siswa. Bagaimana cara siswa berpikir spasial, bagaimana alurnya dalam memecahkan masalah geometri, hal inilah merupakan penalaran spasial. Penalaran spasial terdiri dari tiga komponen yaitu rotasi mental, orientasi spasial, dan visualisasi spasial.Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan penalaran spasial siswa dalam merotasikan suatu objek bangun ruang, membayangkan bagaimana suatu objek terlihat dari perspektif yang berbeda, dan memanipulasi citra pola spasial ke pengaturan visual lainnya. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jombang yang diambil dari masing-masing tingkat kemampuan matematika yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, setelah diberi tes kemampuan matematika. Untuk mengetahui profil penalaran spasial siswa dalam memecahkan geometri, maka subjek penelitian diberikan tes penalaran spasial dan kemudian diwawancarai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah geometri dengan baik. Sedangkan siswa berkemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah geometri sehingga penalaran spasial siswa berkemampuan sedang dan rendah berbeda dalam memecahkan masalah geometri yang berkaitan dengan penalaran spasial siswa berkemampuan matematika tinggi.

Kata Kunci: penalaran spasial, masalah geometri, kemampuan matematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.