Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Open-Ended Ditinjau dari Efikasi Diri

eka familia, Ismail Ismail

Abstract


Kreativitas adalah salah satu kemampuan inovasi yang dibutuhkan pada abad 21. Hal inilah yang menjadikan kreativitas menjadi syarat untuk tetap dilatih dan dibiasakan pada setiap individu. Kreativitas juga perlu ditekankan pada pembelajaran matematika. Alasan mengapa kreativitas perlu ditekankan adalah siswa dapat menemukan solusi-solusi asli saat memecahkan masalah. Selain itu matematika terlalu kompleks dan luas jika harus diajarkan dengan hafalan..Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membiasakan siswa dengan memberikan soal yang menuntut siswa untuk mengeluarkan seluruh ide kreatif yang dimiliki. Soal open-ended merupakan salah satu tipe soal yang dapat digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa. Soal open-ended adalah pertanyaan yang memiliki beberapa cara untuk meyelesaikannya. Akan tetapi pertanyaan terbuka tidak menerima setiap jawaban yang diberikan oleh siswa. Pertanyaan terbuka menuntut siswa untuk mampu bepikir rasional tentang alasan-alasan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan. Di samping itu, kinerja seseorang dalam matematika juga dipengaruhi oleh efikasi diri. Efikasi diri adalah keyakinan seseorang tentang kemampuan diri yang mampu mempengaruhi seseorang dalam bertingkah laku dan upaya-upaya yang dilakukan ketika menghadapi suatu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika open-ended ditinjau dari efikasi diri. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Al Uswah Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 63 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti, angket efikasi diri, dan soal matematika open-ended . Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis hasil tes kreativitas siswa, pengelompokan data, dan perhitungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori efikasi diri tinggi terdapat tujuh siswa dengan tingkat kreativitas sangat kreatif yang mampu memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Pada tingkat kreativitas kreatif, 7 siswa mampu menunjukkan indikator kefasihan dan kebaruan, sedangkan satu siswa mampu menunjukkan indikator kefasihan dan fleksibilitas. Pada tingkat kreativitas cukup kreatif tiga siswa mampu menunjukkan indikator kebaruan. Pada tingkat kreativitas kurang kreatif, tiga puluh satu menunjukkan indikator kefasihan. Pada tingkat kreativitas tidak kreatif, tujuh siswa tidak mampu menunjukkan indikator kreativitas. Sedangkan hasil penelitia pada kategori efikasi diri rendah terdapat satu siswa dengan tingkat kreativitas sangat kreatif yang mampu menunjukkan indikator kreativitas, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Pada tingkat kreativitas cukup kreatif, satu siswa mampu menunjukkan indikator kebaruan. Pada tingkat kreativitas kurang kreatif, dua siswa mampu menunjukkan indikator kefasihan. Pada tingkat kreativitas tidak kreatif, tiga siswa tidak mampu menunjukkan indikator kreativitas.

Kata Kunci : Kreativitas, Open-ended , Efikasi Diri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.