ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI SDN MEDOKAN SEMAMPIR I/259 SURABAYA

KIKI YUNI ASTUTY

Abstract


Salah satu materi matematika yang diajarkan di SD adalah pecahan. Konsep pecahan awal yang telah dipelajari siswa akan digunakan sebagai modal untuk mempelajari konsep selanjutnya. Jika konsep awal yang dipelajari siswa salah maka untuk penerapan konsep itu pada pengetahuan selanjutnya akan salah juga. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai kesalahan sehingga penting bagi seorang guru untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering muncul dan faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Dengan begitu guru dapat membantu siswa untuk memperbaiki kesalahan yang dialaminya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas V. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas V yang ditentukan berdasarkan variasi kesalahan dan banyaknya kesalahan yang dilakukan pada tiap butir soal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes tertulis dan wawancara.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan presentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan yaitu kesalahan konsep sebesar 19,65%, kesalahan prinsip sebesar 10,25%, kesalahan algoritma sebesar 51,30%, kesalahan hitung sebesar 13,67% dan kesalahan acak sebesar 5,13%. Penyebab kesalahan tersebut diakibatkan karena (1) kurangnya pemahaman terhadap konsep dasar pecahan senilai, (2) kurangnya pemahaman algoritma siswa terhadap operasi hitung pecahan, (3) kurangnya penguasaaan pengetahuan keterampilan prasyarat yaitu dalam menentukan KPK, (4) kurangnya penguasaaan pengetahuan keterampilan prasyarat yaitu dalam menggunakan konsep perkalian pecahan pada pembagian pecahan, (5) kurang teliti dalam menghitung, (6) kurang teliti dalam menyelesaikan soal, (7) belum begitu hafal perkalian dan pembagian bilangan, dan (8) tidak memahami konsep dasar operasi perkalian dan pembagian pecahan.
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Pecahan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.