PROFIL PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMP JENJANG MENCIPTAKAN PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

ALVITA WULANSARI

Abstract


Pengetahuan konseptual perlu dibelajarkan di setiap jenjang proses kognitif untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berpikir siswa. Jenjang tertinggi pada dimensi proses kognitif adalah menciptakan, namun jenjang tersebut kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran. Profil pengetahuan konseptual di jenjang menciptakan perlu diungkap sebagai referensi saat memilih materi, instrumen penilaian, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pengetahuan konseptual siswa SMP di jenjang menciptakan pada materi segi empat dan segitiga berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian, 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan berkemampuan matematika sedang, kelas VIII SMPN 3 Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Terdapat perbedaan pengetahuan konseptual subjek laki-laki dan perempuan di jenjang menciptakan. Satu subjek laki-laki dan satu subjek perempuan dapat menentukan keterkaitan bangun segitiga dan bangun jajargenjang. Namun, subjek laki-laki tersebut tidak dapat menciptakan strategi pengaitan elemen-elemen pembentuk kedua bangun, sedangkan subjek perempuan dapat melakukannya, tetapi tidak dapat menggunakan keterkaitan tersebut untuk menentukan keterkaitan luas daerah kedua bangun. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual subjek perempuan lebih baik daripada subjek laki-laki di jenjang menciptakan.


 Kata Kunci: jenis kelamin, menciptakan, pengetahuan konseptual, segi empat dan segitiga.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.