PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RMT (RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP

ANNISA RIZKI FATHIA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Lembar Penilaian dengan pendekatan RMT yang dirancang berdasarkan model pengembangan perangkat menurut Plomp, tanpa tahap implementasi. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII-E SMP Negeri 2 Jombang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 27 siswa sebagai subjek.


Hasil Penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang proses pengembangan perangkat dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Proses pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari : (1) Fase Investigasi Awal yaitu menentukan teori RMT, analisis kurikulum KTSP, analisis siswa dan anlisisis materi ajar. (2) Fase  Desain yaitu merancang perangkat pembelajaran dan instrumen. (3) Fase Realisasi yaitu penyusunan perangkat pembelajaran (prototipe I) dan Instrumen. (4) Fase Tes, Evaluasi dan Revisi yaitu melakukan validasi perangkat pembelajaran dan uji coba lapangan. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran antara lain : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memenuhi kriteria sangat valid (dengan rata-rata total validitas 3,28), Lembar Kegiatan Siswa memenuhi kriteria valid (dengan rata-rata total validitas 3,21), dan Lembar Penilaian memenuhi kriteria valid (dengan rata-rata total validitas 3,22), (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis secara teori (dapat digunakan di lapangan dengan revisi kecil) dengan keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 3,7 pada pertemuan pertama dan 3,85 pada pertemuan kedua, (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena rata-rata aktivitas RMT yang dilihat dari kinerja siswa pada pertemuan pertama dan kedua memenuhi kriteria sangat aktif, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase 77,78% dan hasil angket respon siswa positif.


Kata kunci : Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Mediated Learning Experience (MLE), peralatan psikologis


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.