PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMAL

DIAH AYUNINGRUM

Abstract


Abstrak


   Matematika merupakan bidang studi yang penting karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika yang terjadi selama ini masih kurang efektif, guru lebih mendominasi pembelajaran dan siswa kesulitan menerapkan konsep untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, model pembelajaran Missouri Mathematics Project cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran. Missouri Mathematics Project merupakan salah satu model pembelajaran yang fokus melatih siswa dalam memecahkan masalah dan melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran.


   Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project  pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMPN 1 Kamal. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMPN 1 Kamal tahun ajaran 2013-2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dengan pembelajaran menggunakan model Missouri Mathematics Project dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan dua pertemuan selanjutnya untuk tes hasil belajar dan angket respons siswa.


   Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dikatakan efektif dengan terpenuhinya beberapa aspek yaitu (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik; (2) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 95,32; (3) persentase siswa yang tuntas sebesar 82,85%; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dikatakan positif.


 


Kata kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.