MULTI REPRESENTASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERBUKA  MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

DIAN PRASTIWI DARMASTINI

Abstract


Siswa mempunyai cara yang berbeda dalam mengkonstruksikan atau merepresentasikan pengetahuannya untuk menyelesaikan soal seperti soal terbuka yang memiliki banyak strategi penyelesaian. Strategi-strategi penyelesaian yang digunakan siswa laki-laki dan perempuan dimungkinkan terdapat suatu perbedaan. Keterampilan multi representasi merupakan kunci kesuksesan dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana multi representasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal terbuka (Open-Ended Problem) matematika ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes multi representasi dengan soal terbuka (open-ended problem) dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX-I SMP Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2013/2014 kepada 6 siswa terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan cenderung menggunakan representasi persamaan dan tabel, sedangkan perempuan juga cenderung memberikan representasi verbal. Siswa laki-laki cenderung memberikan dua sampai tiga representasi untuk setiap soalnya, sedangkan perempuan cenderung memberikan tiga sampai empat representasi untuk setiap soalnya. Jadi multi representasi lebih banyak dimunculkan oleh siswa perempuan dari pada laki-laki.


 


Kata Kunci: Multi Representasi, Soal terbuka, gender.


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.