IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMBUKTIAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)

ELOK SUNDUS

Abstract


Menyusun bukti merupakan salah satu hal yang sangat penting menurut Bani (2011) dalam meningkatkan penalaran siswa tentang suatu materi trigonometri. Dalam menyelesaikan masalah, siswa menggunakan peralatan psikologisnya dan dituntut untuk tepat dan logis (rigor) yang merupakan hal yang ditekankan dalam Rigorous Mathematical Thinking (RMT) yang membutuhkan 3 fungsi kognitif RMT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian trigonometri ditinjau dari fungsi kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo tahun ajaran 2013-2014. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa untuk tiap kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan siswa, tes penyelesaian masalah, dan pedoman wawancara. Langkah-langkah analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pemaparan data, dan gambaran simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi trigonometrinya cenderung mencapai ketiga fungsi kognitif RMT. Siswa dengan kemampuan trigonometri sedang dan rendah pada aspek fungsi kognitif berfikir kualitatif sudah muncul semua kecuali aspek penyandian-pemecahan kode dan  fungsi kognitif berfikir kuantitatif, semua aspek sudah dapat dicapai siswa. Sedangkan untuk fungsi kognitif relasional abstrak, siswa berkemampuan sedang tidak mampu untuk berfikir hipotesis, kurang sempurna dalam pengaktifan pengetahuan sebelumnya, dan tidak mampu untuk menguasai aspek pemahaman masalah. Sedangkan siswa berkemampuan rendah  trigonometrinya  pada fungsi kognitif untuk menyamaratakan, berfikir logis relasonal abstrak, siswa hanya mampu menunjukkan secara sempurna pada aspek berfikir inferensial, pembentukan hubungan fungsional, dan pemroyeksian dan perestrukturisasian hubungan..


Kata Kunci: pembuktian, trigonometri, fungsi kognitif RMT, kemampuan siswa.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.