PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL YANG MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS (PKBL) UNTUK SISWA SMP/MTs

HAVIDZ MASNURILLAH

Abstract


Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja usia sekolah, khususnya siswa SMP/MTs, disebabkan karena kurangnya pemahaman dan peran mereka sebagai pengguna jalan. Salah satu arah penyelenggaraan keselamatan berlalu lintas di bidang pendidikan yaitu melalui pengintegrasian materi Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas (PKBL) ke dalam mata pelajaran yang sudah ada, termasuk Matematika. Pengaitan antara konsep matematis dengan situasi nyata dilakukan menggunakan pembelajaran kontekstual. Untuk itu, diperlukan  perangkat pembelajaran matematika kontekstual yang mengintegrasikan PKBL melalui eksplorasi materi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu RPP, Handout Siswa, LKS, dan lembar penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase penelitian preliminer, fase pembuatan prototipe, dan fase asesmen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan, serta memperoleh perangkat pembelajaran yang berkualitas baik, sesuai dengan kriteria yang dikemukakan oleh Nieveen meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.  Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, tes awal dan tes akhir, serta angket respons siswa. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan secara terbatas kepada 28 orang siswa kelas IX-K SMP Negeri 2 Taman Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menujukkan bahwa perangkat pembelajaran ini berkualitas baik. Kriteria validitas diketahui bahwa pengembangan perangkat telah disesuaikan dengan model pengembangan yang digunakan serta memperhatikan karakteristik pembelajaran dan ditunjukkan oleh rata-rata validitas RPP sebesar 3,76 (valid). Sedangkan rata-rata validitas Handout Siswa, LKS, dan lembar penilaian sebesar 4,03 (sangat valid) secara aspek format, sebesar 3,78 (valid) secara aspek materi matematika, sebesar 4,22 (sangat valid) secara aspek materi PKBL, dan sebesar 4,26 (sangat valid) secara aspek bahasa. Kriteria kepraktisan diketahui dari penilaian umum keenam orang validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi. Hal tersebut didukung rata-rata hasil pengamatan sebesar 4,81 (sangat praktis) menurut penilaian dua orang pengamat. Sementara kriteria keefektifan ditunjukkan oleh adanya peningkatan skor rata-rata sebesar 21,26% antara hasil tes awal dan hasil tes akhir, ketuntasan belajar klasikal tercapai, dan respons positif dari siswa.


Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran matematika kontekstual, Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas (PKBL)


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.