PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PARADIGMA RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) DITINJAU DARI FUNGSI KOGNITIF PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII-E MTs. NAHDLATUL ULAMA MOJOSARI LOCERET NGANJUK

MOCHAMAD WACHID

Abstract


Lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika menjadi salah satu faktor yang menyebabkan siswa kesulitan didalam menyelesaikan masalah matematika. Guru sebagai mediator yang menjembatani antara kurikulum dan siswa dituntut dapat menentukan strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematik yang dipelajarinya.


Rigorous Mathematical Thinking (RMT) dikembangkan oleh James T. Kinard. Satu diantara teori konstruksi RMT yaitu RMT dikonstruksi melalui sebuah paradigma yang terdiri dari MLE (Mediated Learning Experience) dan FIE (Feuerstien Instrumental Enrichment). Paradigma RMT didasarkan pada teori sosio-kultural Vygotsky dan teori MLE Feuerstien. Dalam pelaksanaan, guru sebagai mediator memediasi siswa dalam pembentukan konsep pada diri siswa menggunakan metode pengajaran RMT untuk mengembangkan fungsi kognitif siswa dalam berpikir matematika, sehingga terbentuk pola pikir secara umum dan belajar bagaimana mempelajari ketrampilan berpikir.


Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan denga tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan paradigma RMT. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Lembar Penilaian (LP). Proses pengembangan menggunakan langkah umum Desain research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary reserach, prototyping, dan assessment. Perangkat pembelajaran hasil intervensi RMT yang dikembangkan dalam penelitian memenuhi kriteria valid, praktis, dan belum efektif.


 


Kata kunci : pengembangan, perangkat pembelajaran, Rigorous Mathematical Thinking (RMT), Mediated Learning Experience (MLE), peralatan psikologis, fungsi kognitif, Desain research


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.