PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS IX-F SMPN 1 BANGSAL MOJOKERTO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

NUR RACHMAH INDARWAHYUNI

Abstract


Masalah matematika bentuk soal cerita merupakan masalah matematika yang dapat memberikan pengalaman baru pada siswa, karena dalam masalah ini,siswa diharapkan melakukan penggalian data atau informasi untuk melakukan penyelesaiannya. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa kelas IX-F SMPN 1 Bangsal Mojokerto dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita ditinjau dari kemampuan spasial.


Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memberikan               tes pemecahan masalah matematika bentuk soal cerita dan melakukan wawancara pada 8 subjek yang merupakan siswa kelas IX SMP. Pengelompokan kemampuan spasial dilakukan dengan cara memberikan tes kemampuan spasial sebelumnya. Delapan subjek tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan matematika tinggi dan rendah, serta empat siswa berkemampuan sedang. Selanjutnya data  yang diperoleh dianalisis  berdasarkan empat tahapan Polya.


Hasil penelitian menunjukkan: (1) Subjek dengan tingkat kemampuan spasial tinggi  dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita berkategori baik untuk setiap tahapan pemecahan masalah matematika Polya, (2) Subjek dengan tingkat kemampuan spasial sedang dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita terdiri dari dua subjek berkategori baik dan dua subjek berkategori cukup untuk setiap tahapan pemecahan masalah matematika Polya, (3) Subjek dengan tingkat kemampuan spasial rendah dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita berkategori kurang untuk setiap tahapan pemecahan masalah matematika Polya.


Kata Kunci: Masalah matematika bentuk soal cerita, tingkat kemampuan spasial.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.