IDENTIFIKASI TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATIONS (TLO) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 MENGANTI

RISTA AYU ANDHANI

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelaran matematika yang dilakukan oleh peneliti bahwa sebagian besar siswa SMP mengalami kesulitan saat mempelajari matematika. Hal tersebut terjadi karena karakteristik matematika yang bersifat abstrak. Selain itu dimungkinkan siswa SMP belum seluruhnya berada pada tahap operasi formal. Berdasarkan teori perkembangan kognitif Piaget, seharusnya siswa SMP sudah berada pada tahap operasi formal karena usia mereka sudah diatas 11 tahun. Peneliti juga melihat perkembangan kognitif siswa berdasarkan kemampuan matematikanya karena peneliti ingin mengetahui sampai pada tahap kognitif manakah siswa yang berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang, dan berkemampuan matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif siswa menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A, IX-D, dan IX-F di SMP Negeri 2 Menganti. Penelitian ini dirancang dengan memberikan tes kemampuan matematika supaya siswa terkelompok berdasarkan kemampuan matematikanya, yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Setelah itu, siswa diberi TLO yang terdiri dari tujuh tipe operasi logis, yaitu klasifikasi, seriasi, perkalian logis, kompensasi, proporsi, probabilitas, dan korelasi. Data hasil pemberian tes kemampuan matematika menunjukkan bahwa 25,53% siswa memiliki kemampuan matematika tinggi, 24,47% siswa memiliki kemampuan matematika sedang, dan 50% siswa memiliki kemampuan matematika rendah. Data hasil pemberian TLO menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi sebanyak 10,64% pada tahap formal awal dan 14,89% pada tahap formal akhir, siswa yang berkemampuan matematika sedang sebanyak 5,32% pada tahap konkret akhir, 15,96% pada tahap formal awal, dan 3,19% pada tahap formal akhir, dan siswa yang berkemampuan matematika rendah sebanyak 2,13% pada tahap konkret awal, 26,60% pada tahap konkret akhir, dan 21,28% pada tahap formal awal.


Kata kunci: Identifikasi perkembangan kognitif,  Test of Piaget’s Logical Operations, Kemampuan matematika


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.