KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

TRI KUSDARMANTO WAHONO

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal geometri ruang. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan atau kecerdasan yang berkaitan dengan keruangan. Sebelum itu, guru hendaknya mengetahui sejauh mana kecerdasan visual-spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri keruangan. Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan keruangan yang melibatkan pengimajinasian, penggunaan konsep, penyelesaian masalah, dan penemuan pola dalam menyelesaikan soal geometri ruang.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial siswa SMP dalam menyelesaikan soal geometri ruang ditinjau dari masing-masing tingkatan kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas IX-6 yang meliputi satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan matematika, soal tes kecerdasan visual-spasial, dan pedoman wawancara.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal geometri ruang: (1) subjek berkemampuan matematika tinggi menunjukkan karakteristik kecerdasan visual-spasial pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola; (2) subjek berkemampuan matematika sedang menunjukkan karakteristik kecerdasan visual-spasial pengimajinasian, pengonsepan, dan pemecahan masalah, namun mengalami kesulitan dalam pencarian pola; (3) subjek berkemampuan matematika rendah menunjukkan karakteristik kecerdasan visual-spasial pengonsepan, namun mengalami kesulitan dalam pengimajinasian, pemecahan masalah, dan pencarian pola


Kata kunci: Kecerdasan visual-spasial, Kemampuan matematika


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.