PROFIL KEMAMPUAN ESTIMASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

UMMU SALMA

Abstract


Estimasi merupakan bagian materi dari pelajaran matematika yang jarang dikaji dan diperhatikan oleh guru maupun peneliti. Pada konsep perhitungan sehari-hari, estimasi lebih sering digunakan daripada perhitungan eksak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan estimasi siswa Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa kelas IV yang dipilih berdasarkan tes kemampuan matematika. Pengambilan data dilakukan melalui pemberian soal tes kemampuan estimasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memahami masalah termasuk kategori cukup, membuat rencana penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian masalah termasuk kategori baik. 2) Siswa berkemampuan matematika sedang dalam memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian termasuk kategori cukup, dalam melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian masalah termasuk kategori baik. 3) Siswa berkemampuan matematika rendah dalam memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian termasuk kategori cukup, dalam memeriksa kembali penyelesaian masalah termasuk kategori baik.


Kata Kunci: estimasi, soal cerita, langkah-langkah Polya.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.