PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS IX-F SMPN 1 BANGSAL MOJOKERTO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

WIDYANA WAHYUNINGTYAS

Abstract


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) pada saat ini berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan manusia, tidak terkecuali terhadap bidang pendidikan. Dengan meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia, diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu penentu kemajuan bangsa. Salah satu ilmu yang dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah matematika. Pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya langkah-langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya, diharapkan siswa mempunyai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah baik masalah yang diberikan oleh guru di sekolah maupun masalah yang didapatkan siswa dari kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa siswa akan mampu memecahkan masalah jika mereka mendapat bantuan dari siswa lain. Siswa lebih memilih belajar dengan kelompok daripada belajar sendiri. Dengan digunakannya diskusi oleh guru, diharapkan siswa mampu aktif berdiskusi saling bertukar pendapat untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretes, postes, dan pedoman penskoran kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui diskusi kelompok karena terdapat 70% siswa yang mengalami kenaikan skor kemampuan pemecahan masalah matematika.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, diskusi kelompok.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.