IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA SMAN MAOSPATI KELAS X-A DALAM MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI

YUANITA NUR RAHMAWATI

Abstract


Kemampuan menggambar grafik fungsi merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam Matematika dan beberapa bidang keilmuan yang menerapkannya. Sehingga jika terjadi miskonsepsi dalam menggambar grafik fungsi, siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami konsep yang menggunakan penerapan grafik fungsi.


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab miskonsepsi yang dialami siswa SMAN Maospati dalam menggambar grafik fungsi.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 3 orang siswa Kelas X-A SMAN Maospati yang mengalami miskonsepsi dalam menggambar grafik fungsi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik menurut guru Matematika di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan berupa tes tulis dengan jenis soal tes esai serta wawancara tidak terstruktur.


            Hasil penelitian menyebutkan bahwa faktor penyebab miskonsepsi dalam menggambar grafik fungsi pada ketiga subjek penelitian adalah adanya miskonsepsi dalam memahami konsep prasyarat untuk menggambar grafik, yaitu pada definisi fungsi dan grafik, belum memahami notasi titik koordinat dan korespondensi. Selain itu, faktor penyebab lain pada siswa 1 (Ss) dan siswa 2 (Bk) adalah kurang latihan menggambar grafik fungsi atau pengalaman siswa.


Kata Kunci : Miskonsepsi, Faktor Penyebab Miskonsepsi, Grafik Fungsi, Menggambar Grafik


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.