ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR SMP NEGERI 1 KAMAL SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2013/2014

SIYAMI INTAN KUMALA DEWI

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang sudah diterima sejak pendidikan dasar sampai pendidikan lanjut. Terdapat materi yang dengan mudah dipahami oleh siswa tetapi juga ada materi yang tidak dengan mudah untuk dipahami. Ada juga materi yang yang mudah tetapi juga tidak dengan mudah di pahami karena dimungkinkan terdapat beberapa faktor yang menghambat pemahaman pada siswa, baik faktor internal maupun eksternal Oleh karena itu, guru dapat menelusuri kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi tersebut. Penulusuran ini dapat dilakukan melalui pengamatan selama pembelajaran berlangsung, atau melihat kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal- soal.
Penelitian bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan siswa, faktor penyebab kesalahan siswa dan solusi secara teoritik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kamal. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kamal.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam mengerjakan soal pada materi faktorisasi bentuk aljabar adalah (1) kesalahan konseptual meliputi (a) kesalahan dalam memfaktoran bentuk aljabar yang meliputi kesalahan dalam memilih prosedur pemfaktoran penyebabnya siswa tidak memahami karakteristik pada setiap bentuk aljabar, kesalahan dalam menentukan dan pada pemfaktoran bentuk aljabar penyebabnya siswa kurang memahami dari kedua pemfaktoran bentuk bentuk dengan dan , kesalahan dalam mensubstitusikan nilai dan penyebabnya siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal, kesalahan dalam memahami sifat distributif bentuk aljabar penyebabnya siswa kurang memahami tentang sifat distributif dan kurang teliti, (b) kesalahan dalam hubungan dengan materi prasyarat yang meliputi kesalahan dalam faktorisasi persekutuan aljabar penyebabnya adalah siswa kurang memahami untuk mencari faktor terbesar dalam aljabar dan kurangnya latihan sebelum memasuki materi selanjutnya, kesalahan dalam memahami sifat operasi hitung bilangan penyebabnya kurang memahami dalam prosedur yang dilakukan juga harus memerhatikan sifat-sifat dari operasi. (2) kesalahan prosedural meliputi (a) kesalahan dalam operasi perkalian dan pembagian aljabar, (b) kesalahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan aljabar, (c) kesalahan tidak melanjutkan proses penyelesaian, (d) kesalahan menuliskan tanda, suku- suku aljabar, (e) kesalahan menuliskan hasil akhir. 2) Solusi teoritik untuk mengatasi kesalahan siswa adalah (1) menekankan pemahaman setiap bentuk faktorisasi aljabar, (2) memberikan soal latihan yang beragam tentang materi faktorisasi bentuk aljabar yang kemudian dibahas bersama dengan guru. (3) memberikan latihan lanjutan yang beragam (4) memberikan soal latihan prasyarat sebelum memasuki pelajaran baru.
Kata Kunci: Jenis Kesalahan, Penyebab Kesalahan, Solusi Teoritik, Pemfaktoran Bentuk Aljabar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.