KONTROL PROPORSIONAL-DERIVATIF PADA SISTEM DINAMIKPESAWAT TERBANG TIPE AIRBUS A380-800

MOHAMMAD HAFIZ

Abstract


Penelitian ini terinspirasi oleh penelitian yang dilakukan oleh Trisnawati dan Fuad (2016) yang membahassistem dinamik pesawat Boeing 737-400 dengan penerapan kontrol pole-placement. Pada penelitiantersebut kestabilan dengan kontrol pole-placement masih membutuhkan waktu yang relatif lama. Penelitianini mengkaji sistem dinamik pesawat Airbus A380-800, linierisasi sistem, serta upaya percepatan untukkestabilan. Hasil analisis kestabilan menunjukkan bahwa sistem linier pada modus gerak longitudinal stabildengan nilai eigen dan , sedangkanketidakstabilan terjadi pada modus gerak lateral-direksional dengan nilai eigen, dan . Selanjutnya pada penelitian ini diterapkankontrol proporsional-derivatif untuk mempercepat kestabilan dan mengurangi overshoot. Penerapankontrol proporsional-derivatif dengan menentukan gain dan gain pada fungsi transfer modus geraklongitudinal maupun modus gerak lateral-direksional. Dengan kriteria Routh-Hurwitz, gain dan gainyang memenuhi untuk modus gerak longitudinal adalah dan. Sedangkan untuk modus gerak lateral-direksional gain dan gaindipenuhi oleh dan . Simulasi diberikan untuk modusgerak longitudinal dengan dan , serta untuk modus gerak lateral-direksional dengandan . Pada modus gerak longitudinal sistem linier stabil setelah 40 detikdengan tanpa overshoot Pada modus gerak lateral-direksional sistem linier stabil setelah 50 detik namunmasih memuat overshoot.Kata Kunci: gerak longitudinal, gerak lateral-direksional, analisis kestabilan, kontrol proporsionalderivatif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.