MATHunesa | Vol 3, No 6, (2017)

PENERAPAN MARKET BASKET PADA TOKO KELONTONG (STUDI KASUS PADA TOKO XYZ)

LUTFIATUN NISA, Hery Tri Sutanto,

Abstract

Usaha kecil merupakan kegiatan usaha kecil ekonomi rakyat yang berskala kecil dan dilindungi dari persaingan usaha yang tidak sehat dan tidak seimbang. Wirausaha yang bergerak dalam bidang pertokoan mempunyai prospek yang menjanjikan, sebab bias melayani masyarakat kelompok ekonomi menengah kebawah dan keatas sehingga bias memudahkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan setiap hari tanpa belanja ke supermarket atau swalayan. Dengan adanya bantuan komputer, kasir mencatat semua barang yang dibeli, lalu mereka semuanya kedalam data transaksi yang sudah dipersiapkan. Dari database tersebut dapat diperoleh informasi mengenai permintaan atau pembelian barang itu dalam waktu kurang dalam satu bulan.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data transaksi pada 30 Mei 2017 di Toko XYZ di Desa Golokan Sidayu. Data yang diperoleh berupa salinan struk pembelian yang  telah dikelompokkan berdasarkan tanggal yang tertera pada struk. Algoritma yang digunakan untuk menentukan kombinasi dari jenis produk yang sering dibelioleh konsumen kemudian dihitung dengan menggunakan support dan confidence.

Kata Kunci: market basket, took kelontong.,


Full TEXT