ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, PERMISIF DAN OTORITER TERHADAP KINERJA GURU DAN PROFESIONALITAS GURU PADA SEKOLAH TAMAN DEWASA SE - KODYA YOGYAKARTA DENGAN MANOVA

INTAN PRAMESWARI AMANDA, AYUNIN SOFRO

Abstract


Diketahui bahwa pendidikan adalah elemen yang berperan penitng dalam peningkatan sumber daya manusia. Untuk tercapainya tujuan pendidikan, guru adalah elemen pendidikan yang berperan penting didalamnya. Oleh karena itu dibutuhkan seorang guru yang profesional dan berkinerja baik dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Namun realitanya kualitas guru di Indonesia masih tergolong relatif rendah. Karenanya dibutuhkan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas guru di Indoneisia. Dalam upaya tersebut maka harus diketahui hal – hal yang mempengaruhi profesionalitas dan kinerja guru. Salah satu faktor yang akan diuji pada penelitian ini adalah gaya kepemimpinan seorang guru, dimana terdapat tiga gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter.

Pada penelitian ini akan diuji pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter terhadap profesionalitas dan kinerja guru dengan MANOVA satu arah. Dimana MANOVA satu arah adalah adalah metode yang digunakan pada suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel output terhadap satu variabel input (Hair dkk, 2006). Pada penelitian ini menggunkan data sekunder dengan 30 sampel guru pada Sekolah Taman Dewasa se - Kodya Yogyakarta. Dari perhitungan diapatkan hasil nilai wilks sebesar 0,361 dengan nilai p-value sebesar 2,2. Jika dilihat dari nilai p-value maka didapatkan hasil bahwa nilai p-value kurang dari nilai yang berarti ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter berpengaruh terhadap kinerja dan profesionalitas guru di Sekolah Taman Dewasa se - Kodya Yogyakarta.

Kunci : gaya kepemimpinan, profesionalitas guru, kinerja guru, MANOVA Satu Arah

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.