PENGAWASAN UPT PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KLAUSULA EKSONERASI PADA KLAUSULA BAKU YANG TERCANTUM DALAM KARCIS PARKIR DI SURABAYA

FIQI HAMZAH ILMISANDY, ENY SULISTYOWATI

Abstract


Klausula eksonerasi merupakan klausula pengalihan tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumen yang sangat dilarang oleh perundang-undangan. Pada kenyataannya, terdapat karcis parkir di Surabaya yang masih mencantumkan klausula eksonerasi. Pengawasan pencantuman klausula eksonerasi di Surabaya merupakan tugas dari UPT Perlindungan Konsumen Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengawasan dari UPT Perlindungan Konsumen Surabaya dalam mengawasi klausula eksonerasi dalam karcis parkir, hambatan, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris yang berlokasi di kantor UPT Perlindungan Konsumen Surabaya. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan memeriksa informasi dan diklarifikasi secara sistematis lalu dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan terhadap klausula eksonerasi pada klausula baku yang tercantum dalam karcis parkir di Surabaya tidak dilakukan oleh UPT Perlindungan Konsumen Surabaya. Bentuk pengawasan preventif sosialisasi dan pengawasan represif pemberian sanksi tidak dilakukan oleh UPT Perlindungan Konsumen. Hambatan yang mengakibatkan tidak dilakukannya pengawasan adalah kurangnya sumber daya manusia dan kurangnya dana finansial. Hambatan juga muncul dari konsumen yang hanya melapor ketika terjadi kerugian, bukan ketika ditemukannya klausula eksonerasi. Upaya yang sudah dilakukan adalah dengan mengajukan penambahan sumber daya manusia dan menggunakan uang pribadi untuk dana tambahan. Upaya lain adalah dengan menerbitkan buku yang berjudul Ayo Jadi Konsumen Cerdas, guna meningkatkan pemahaman tentang perlindungan konsumen kepada masyarakat.

Kata Kunci : pengawasan, karcis, klausula, eksonerasi



Exoneration clauses is a responsibility agreement diverson of businessman to the consumen who is forbided by the constitution law. In fact, there are many parking tickets in Surabaya that includes the exoneration clauses. The supervision of exoneration clauses in Surabaya is a duty of UPT Consumer Protection of Surabaya. The purpose of this research is to know the supervision type of UPT Consumer Protection of Surabaya in aegising the exoneration clauses under the parking ticket, the obstacles, and effort to overcome the obstacles. This research is empirical juridical type that take placed in the office of Technical UPT Protection of Surabaya. The data that are used consist of primary and secondary data. The data collection are collected from interview result and documentation. The data processing in this research is conducted by checking the information and the data systematically then data processing is analysed with qualitative method. The result of the research shows that exoneration clauses supervision in standard clauses listed under the parking ticket does not conducted by UPT Consumer Protection of Surabaya. Preventive supervision in the form of socialization and repressive supervision in the form of giving punishment do not conducted by Technical Practice Unit Consumer Protection of Surabaya. The obstacles are lack of human resources and less of financial founds. The obstacles also appear from the consument that report only when disadvantage incident occurs, not when discovered the exoneration clauses. The effort that is done by presenting the human resources and also use personal money for additional funds. The others effort is by publishing a book entitled Ayo Jadi Konsumen Cerdas, to increase the consument protector understanding to the citizen.

Keyword : supervision, ticket, clauses, exoneration

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL NOVUM
Law Departement, Universitas Negeri Surabaya
Jl. Ketintang Gedung i1.01.07, Ketintang, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231