ANALISIS WACANA KRITIS ADVERTORIAL APARTEMEN DI SURAT KABAR HARIAN JAWA POS

NANA WARDATUN NAZIAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini tentang iklan apartemen di Jawa Pos yang dikemas dalam bentuk advertorial dengan struktur teks bahasa yang lebih menarik sehingga masyarakat memiliki ketertarikan sosial untuk membeli. Bahasa advertorial memiliki kekuasaan untuk mengkonstruksi pengetahuan pembaca melalui representasi kondisi sosial masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membedah isi dan makna teks advertorial apartemen di Surat Kabar Harian Jawa Pos. Konsep wacana Foucault digunakan sebagai dasar pemahaman mengenai wacana. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Kognisi Sosial Teun A. Van Dijk. Teknik pengumpulan data melalui penelusuran arsip koran Jawa Pos. Teknik analisis data menggunakan analisis Van Dijk yaitu analisis teks, analisis kognisi sosial, dan analisis sosial. Hasil penelitian ini bahwa wacana pada iklan advertorial ini menghadirkan tema-tema yang beragam. Pada analisis kognisi sosial ditemukan kategorisasi meliputi : pengetahuan bahasa sesuai segmentasi, pemahaman keinginan sosial kelas menengah atas, dan kekhawatiran calon pembeli. Sedangkan pada analisis sosial dikategorisasi meliputi : 1) Bahasa asing sebagai identitas kelas, 2) Bahasa Asing pada nama hunian, 3) Simbol aktualisasi diri, 4) Budaya kekeluargaan, 5) Budaya serba instan. Selain itu ditemukan pola-pola perbedaan advertorial meliputi : 1) berdasarkan durasi terbit, 2) berdasarkan tema, dan 3) berdasarkan karakter bahasa.


Kata Kunci : advertorial, apartemen, analisis wacana kritis


Abstract


This research about properties advertising in Jawa Pos daily newspapers as for as apartment advertising in the form of advertorial packed that is text language structure more interesting so the communities having social interest to buy that product. Advertorials language have the power to construct the readers knowledge through represented of social conditions Surabaya urbans. This study aims to dissect context annd meaning of text advertorials apartment in daily newspapers Jawa Pos. Approach critical discourse analysis used in this research is the social cognition approach of Teun Van Dijk. The technique collection data through search for archive newspaper Jawa Pos as well as object on the March to April 2017th. The technique analysis data using Van Dijk analysis that is close to text analysis, social cognition, and social analysis. Text analysis covering macro structure , superstructure , and micro structure. The results of this research that the discourse on Advertorials it presents the diverse themes. In the social cognition analysis found categorization includes : knowledge of language according to segmentation, comprehension high social classes desire, and buyer worries. The media also take sides towards development and the role of Government. Whereas, in the social analysis in categorization as follows :  1) a foreign language as the identity class, 2) a foreign language on the name of occupancy, 3) self-actualization symbol, 4) familiar culture, 5) instant culture department. In addition found patterns the distinction advertorials covering : 1) based on publish duration, ) based on the theme, and 3) based on characters language.


Keywords :            advertorials, apartements, critical discourse analysis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.