INTERAKSIONISME SIMBOLIK PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KARAOKE KELUARGA X2 SIDOARJO

Wahyu Ilawatus Z

Abstract


Abstrak


Sektor industri yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah pada sektor industri hiburan salah satunya adalah bisnis karaoke keluarga. Tidak jarang ditemukan fenomena pekerja seks yang mengais rejeki di tempat hiburan malam seperti karaoke keluarga. Tempat hiburan malam cenderung dikenal lebih tertutup dalam proses interaksinya. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan guna memahami interaksi dengan simbol-simbol verbal maupun non verbal, dan bagaimana mind dan self pada pekerja seks komersial di karaoke keluarga X2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori Interaksionisme Simbolik milik George Herbert Mead.  Subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik snow ball. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya simbol komunikasi verbal maupun non verbal. tujuan lebih kearah saling membutuhkan guna mencari pelanggan atau pengguna jasa seks untuk menggunakan jasanya. Sedangkan komunikasi verbal dan non verbal dari interaksi pekerja seks komersial dengan sesama pekerja seks komersial digunakan lebih kearah persaingan dalam dunia atau ruang lingkup kerja mereka. Dimensi “I” cenderung muncul pada ketika mereka sedang berinteraksi dengan orang terdekatnya. Dimensi “Me” cenderung muncul pada ketika mereka berada di lingkungan kerja.


Kata Kunci: Interaksionisme Simbolik, Pekerja Seks Komersial, Karaoke Keluarga


 


Abstract


The rapidly growing industrial sector in Indonesia today is in the entertainment industry sector, one of which is the family karaoke business. Not infrequently found the phenomenon of sex workers who earn a fortune in nightspots such as family karaoke. Night spots tend to be known to be more closed in the interaction process. Therefore this research is done to understand the interaction with verbal and non verbal symbols, and how mind and self in commercial sex worker in family karaoke X2 Sidoarjo. This research uses qualitative approach. The subjects of this study were selected using snow ball technique. Data analysis techniques in this study by reducing, presenting data and drawing conclusions. Data collection techniques in the field conducted by interviews, observations and documentation. The theory used in this research is the theory of symbolic interactionism of George Herbert Mead. The results of this study indicate that there is a symbol of verbal and non verbal communication. more goals towards each other in order to find customers or users of sex services to use his services. While verbal and non verbal communication from the interaction of commercial sex workers with fellow commercial sex workers is used more towards competition in the world or the scope of their work. The "I" dimension tends to appear when they are interacting with their nearest person. The "Me" dimension tends to appear when they are in the work environment.


           Keywords: Symbolic Interactionism, Commercial Sex Worker, Family Karaoke


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.