PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI  BERMAIN HOPSCOTCH PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL CHUSNI DESA TENGARAN PETERONGAN JOMBANG

YUNI ROIDATUSSALAMAH

Abstract


Abstrak


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan 1–10 melalui permainan Hopscotch pada anak kelompok A di TK Al Chusni Desa Tengaran Peterongan Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia adalah anak kelompok A di TK al chusni Desa Tengaran Peterongan Jombang dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1–10 melalui permainan Hopscotch pada pada siklus I diperoleh hasil 63,4% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II, sehingga diperoleh peningkatan sebesar 26,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan permainan Hopscotch terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1–10 melalui permainan Hopscotch pada anak kelompok A di TK Al Chusni Tengaran Peterongan Jombang.


Kata Kunci: Mengenal Lambang Bilangan, Bermain Hopscotch


Abstract


This study aims to determine the activities of children and teachers and to know the improvement of cognitive ability of children in recognizing the symbol of the number 1-10 through the game Hopscotch in children group A in TK Al Chusni Tengaran Village District Peterongan Jombang District. This research is a classroom action research conducted in 2 cycles. The subjects of this class action research were A group children in TK Al Chusni Tengaran Peterongan Jombang with 15 children. Data collection techniques use observation and documentation. Data were analyzed descriptively quantitative and qualitative descriptive. The results showed that the ability of children to recognize the symbol of the number 1-10 through the game Hopscotch on the cycle I obtained results 63.4% and increased to 90% in cycle II, so obtained an increase of 26.6%. Based on the results of the study can be concluded Hopscotch game proved to improve the ability to recognize the symbol of the number 1-10 through the game Hopscotch in children group A in TK Al Chusni Tengaran Peterongan Jombang.


Keywords: Recognize the Symbol of Numbers, Hopscotch Game 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.