MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MEDIA KARTU GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN DESA PODOROTO KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

ERMAWATI

Abstract


Abstrak


 


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatan kemampuan klasifikasi media kartu geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Desa Podoroto Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Desa Podoroto Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombangdengan jumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 69,64% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 67,86% meningkat menjadi 91,07% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan Klasifikasi Media Kartu Geometrisiklus I sebesar 56,7% danpada siklus II  meningkat menjadi 80,0%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan klasifikasi media kartu geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Desa Podoroto Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.


Kata kunci : Kemampuan Klasifikasi, Media Kartu Geometri.


 


Abstract


 


This classroom action research aims to describe the improvement of geometry card media classification ability in 4-5 years old children in Tunas Harapan Kindergarten of Podoroto Village, Kesamben Sub-District, Jombang District. The subjects of the study were children aged 4-5 years in Tunas Harapan Kindergarten of Podoroto Village Kesamben Subdistrict, Jombang District with a total of 15 children consisting of 10 boys and 5 girls. Data collection techniques use observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I, teacher activity showed percentage 69,64% then in cycle II increased to 87,50%. The activity of children in cycle I was 67.86% increased to 91.07% in cycle II. The average value of the ability of Classification of Media Card Geometry cycle I was 56.7% and in cycle II increased to 80.0%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability of classification of media card geometry in children aged 4-5 years in kindergarten Tunas Harapan Village Podoroto Kesamben District Jombang.


Keywords:Classification Capability, Geometry Card Media..


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.