PENGARUH MEDIA BENTUK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM ASFIYAH LIDAH WETAN SURABAYA

RIFAATUL MAHMUDAH

Abstract


Abstrak


Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bentuk geometri terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan Surabaya. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan Surabaya yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung <Ttabel. JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N = 20 dengan taraf signifikan 5% sebesar 52, maka Thitung < Ttabel (0<52). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan media bentuk geometri berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Islam Asfiyah Lidah Wetan Surabaya.


Kata Kunci: Bentuk Geometri, Kemampuan Kognitif.


Abstract


Research Pre Experimental Design aims to determine the influence of media the shape geometry of cognitive ability on group A in the Islamic Kindergarten Asfiyah Lidah Wetan Surabaya. The study sample is children group A aged 4-5 years in the Islamic Kindergarten Asfiyah Lidah Wetan Surabaya of 20 children. Technique of collecting data using observation and documentation. The data analysis technique used Wilcoxon Matched Pairs Test with Tcount < Ttable formula. If Tcount is smaller than Ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Tcount = 0 and Ttable for N = 20 with 5% significant level equal to 52, then Tcount < Ttable (0<52). The data shows Ho rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the application of media of the shape geometry of cognitive ability on group A in the Islamic Kindergarten Asfiyah Lidah Wetan Surabaya.


Keyword: Geometrial Shape, Cognitive Ability.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.