PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA PADA MATERI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN DI LUAR PERMUKAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Zulfikar . Hasyim, Muhamad . Nur, I.G.P. Asto . Buditjahjanto

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana pada kompetensi dasar pemasangan instalasi penerangan di luar permukaan dengan menggunakan model pengajaran langsung.Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi, observasi, tes dan angket siswa. Analisis data penelitian meliputi kelayakan perangkat pembelajaran, validitas instrumen penelitian, proses pembelajaran, hasil belajar, aktivitas, dan respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi perangkat pembelajaran berkategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,7; proses pembelajaran berlangsung sangat baik dengan nilai rata-rata 3,9 dan reliabilitas rata-rata 97%; hasil belajar: kognitif pretest rata-rata 37,% dan posttest tuntas 100%, unjuk kerja pertama: proses pretest 37,2% dan posttest 100%, psikomotor pretest 49,2% dan posttest tuntas 100%; unjuk kerja 2: proses pretest rata-rata 37,2% dan posttest 100%, psikomotor pretest rata-rata 49,2% dan posttest 100%,  dan afektif tergolong tuntas baik secara individual maupun klasikal. Aktivitas siswa telah relevan dengan pembelajaran berpusat kepada siswa dengan reliabilitas rata-rata 94,8%, aktif dengan model pengajaran langsung dan respon siswa positif sebesar 100% untuk penggunaan model ini dan hasilnya perangkat pembelajaran memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang dikembangkan dengan model pembelajaran langsung layak digunakan.

 

Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, model pembelajaran langsung, hasil belajar produk, proses, psikomotor dan afektif.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.