PENGEMBANGAN MODUL MENYIAPKAN STOCK, SOUP DAN SAUCE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TATA BOGA

Tri Erni hudayah, Luthfiyah Nurlaela, Meda Wahini

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan modul, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan modul menyiapkan stock, soup dan sauce dengan model pembelajaran langsung yang dikembangkan dengan rancangan Four D model dari Thiagarajan (1974). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan subyek penelitian siswa kelas XI tata boga SMK Negeri 2 Tuban.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisa data dengan menggunakan indeks kesepakatan untuk menguji kelayakan/kevalidan modul. Reliabilitas data dianalisis menggunakan Intraclass Correlation Coeffision intra reter dan antar reter. Analisis butir soal menggunakan alpha Crounbach, dengan program SPSS 17.0 dan invire 4.00 windows 7. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan sebagai berikut: 1) Modul menyiapkan stock, soup dan sauce dengan model pembelajaran langsung layak digunakan untuk pembelajaran karena semua indikator modul, yaitu RPP dengan skor 4.73 berarti sangat valid, LKS dengan skor 4,8 sangat valid, format modul memperoleh skor 4.55 sangat valid, bahasa dengan skor 4.34, materi dengan skor 4.9 sangat valid, daya tarik memperoleh skor 4.33 dan konsistensi modul memperoleh skor 4.45 dengan kriteria sangat valid. Tingkat reliabilitas menujukan skor 0.98 untuk RPP, LKS dan format modul yang berarti memiliki reliabitas sangat tinggi. Materi modul memperlihatkan skor 0.84, daya tarik 0.97 dan bahasa 0.75 yang kesemuanya dalam kategori reliabiltas sangat tinggi. 2) Pembelajaran dengan modul menyiapkan stock, soup dan sauce dapat terlaksana dengan baik karena siswa menunjukan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran, aktif berdiskusi dan mempresentasikan, aktif mengajukan pertanyaan, mengerjakan tugas sesuai petunjuk, merangkum, dan perhatian yang sangat baik.3) Respon siswa sangat baik, terbukti tanggapan yang diberikan siswa pada saat menggunakan modul dengan model pembelajaran langsung serta perangkat lainnya menunjukan sikap sangat senang. Siswa mampu memberikan umpan balik dan menunjukan antusias yang tinggi. 4) Pembelajaran dengan menggunakan modul menyiapkan stock, soup dan sauce menunjukan ketuntasan belajar yang baik karena siswa secara keseluruhan dapat mencapai ketuntasan dengan taraf ketuntasan klasikal sebesar 95 %. Kata kunci: Modul, Menyiapkan stock, soup dan sauce, Model pembelajaran langsung

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.