PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATERI GERAK MANUSIA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI  5 SIDOARJO

RINDANG RAHMA KUSUMANDARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah preexperimental design dengan tipe pretest and posttest group design. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes dan observasi. Sasaran penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran IPA pada materi gerak manusia terdapat perbedaan yang signifikan, perbedaan tersebut diketahui  t hitung > t tabel yakni 10,36 > 2,042. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada hasil pretest dan posttest sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi. Keterlaksanaan penerapan pembelajaran IPA pada materi gerak manusia memiliki skor rata-rata pada pertemuan pertama, kedua, dan pertemuan ketiga masing-masing adalah 92,1 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IPA terpadu pada materi gerak manusia dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Sidoarjo.


Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pembelajaran IPA terpadu.


 


Abstract


The aim of this research is describe student’s critical thinking skills. This type of research is preexperimental design with pretest and posttest type group design. The analysis is descriptive quantitative. Data collection methods used were tests and observations. The subject of this study is class VIII-5 student of SMP Negeri 5 Sidoarjo with 32 students. The results showed that the critical thinking skills of students before and after the applied implementation  study of integrated science at human movement being there are significant differences, these differences are known t count > t table 10,36 > 2,042. Increasing student’s critical thinking skills criteria of pretest and posttest equal are 0,74 with high criteria. Implementation study of IPA at human movement have mean score at first meeting, second, and third meeting are 92,1 with very good category. So it can be concluded that the application of integrated science in the matter of human movement can training student critical thinking skills for class VIII-5 of SMPN 5 Sidoarjo . Key words: critical thinking skill, study of integrated science


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.