PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUHU DAN KALOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP

MARIA NORA MAHARJANINGRUM

Abstract


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi suhu dan kalor dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa VII E SMP Negeri 4 Jombang tahun ajaran 2014/2015 semester gasal dengan menggunakan Pre-test Post-Test Group Design dan data di analisis secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi suhu dan kalor dalam implementasi kurikulum 2013 terlaksana dengan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,72. (2) Ketuntasan klasikal siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi suhu dan kalor ini mencapai 93%, serta melalui uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil uji gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dengan skor rata-rata 0,7 dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa aspek keterampilan memiliki skor rata-rata 3,43 dengan kategori A- (sangat baik) dan meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Belajar siswa aspek sikap menperolehrata-rata 3,52 dengan kategori SB (sangat baik). (3) Selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dilakukan terhadap keaktifan siswa dan didapatkan hasil presentasi sebesar 28,8% dan 34,40%. (4) Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.


 






Kata kunci:




Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, suhu dan kalor, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, aktivitas siswa, respon siswa.






 


 


Abstract


This research aims to describe the completeness of learning implementation, learning outcomes of students, increase in liveliness and response of students after implementing STAD (Student Teams Achievement Division) type of cooperative learning model on the material of temperature and heat in implementation of 2013 curriculum. This research was applied on 30 students of class VII E of SMPN 4 Jombang in 2014/2015. It used Pre-test Post-test Group Design with descriptive quantitative analysis method. The resultsindicate that: (1) the implementation of STAD of cooperative learning model on temperature and heat material in 2013 curriculum implementation get very good criterion with mean score of 3,75, (2) Classical mastery of students after conducting STAD of cooperative learning model on temperature and heat material obtains 93 %. The t-test shows that there is a significant difference between pre test and post test results. The results of this study show that the cognitive student learning result increase with the average score of 0,7 with medium category.  The skill student learning result has score of 3,43 with A- and very good category and increases from the first to second sessions. The results of attitude aspect show a total score 3,52 (very good). (3) During the learning process using a type of cooperative learning model and observation of student activity showes a percentage of 28,8% and 34,40%. (4) Students give very good respon to the learning with STAD cooperative learning model.


 






Keywords:




STAD of cooperative learning model, temperature and heat, completeness of learning, outcomes, active students, respone of students.






Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.