UJI KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI MELALUI MEDIA VIRTUAL PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

KHOTIMATUR ROHMAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan secara teoritis terhadap Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri melalui media virtual PhET untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil validasi dari tim ahli yang meliputi dosen Pendidikan IPA dan guru IPA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan kelayakan LKS berdasarkan syarat kriteria konstruksi, didaktik, teknik, dan keterampilan berpikir kritis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan layak secara teoritis berdasarkan kriteria kelayakan konstruksi yang mencapai persentase sebesar 83,3%, didaktik yang mencapai 93,3%, teknik yang mencapai 86,6%, dan keterampilan berpikir kritis yang mencapai 90,6%.


Kata kunci : LKS, inkuiri, virtual PhET


 


Abstract


The purposes of this study are to describe the theoretical feasibility of the Worksheet inquiry-based via virtual media PhET to train student’s critical thinking skills. Source of data in this study is the validation results of the team of experts. The team experts are lecturer of faculty IPA Education and IPA teacher. This study is a descriptive study that describes eligibility criteria worksheets based on the requirements of construction, didactic, techniques, and critical thinking skills. The research instrument used was a validation sheet. The results showed that the worksheets developed viable theoretically based on the eligibility criteria construction reaching a percentage of 83.3%, reaching 93.3% of didactic, which reached 86.6% techniques and critical thinking skills which reached 90.6%.


.
Keywords: Worksheet, inquiry, virtual PhET


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.