PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

AYU FIDAYANTI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan respons siswa terhadap pembelajaran IPA terpadu dengan penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi bahan kimia dalam makanan dan minuman. Penelitian ini menggunakan rancangan “one group pretest-posttest design” pada kelas VIII A SMPN 1 Wonoayu Sidoarjo, posttest dilakukan setelah tiga kali pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Instruction. Data keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data pretest dan posttest hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon dan skor N-gain. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran IPA dengan model (PBI) dapat terlaksana dengan baik, yaitu skor ketuntasan klasikal 96,43. Pembelajaran IPA dengan model Problem Based Instruction (PBI) pada materi Bahan Kimia dalam Makanan dan Minuman dapat meningkatkan hasil belajar siswa pengetahuan secara signifikan dan ketuntasan klasikal mencapai 81% dengan peningkatan sebesar 0,66 (sedang). Pada hasil belajar aspek sikap ketuntasan klasikal mencapai 79% dengan predikat baik. Pada aspek keterampilan mencapai 85% dengan predikat sangat baik. Hampir semua siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran.


 


Kata Kunci: Problem Based Instruction (PBI), keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, respons siswa


 


Abstract


This research aimed to describe the realization of learning, the learning result of the students, and the response of the students on science learning by implementing Problem Based Instruction (PBI) in the topic of Food and Beverage. This research  used "one-group pretest-posttest design" in VIII A class at SMPN1 Wonoayu Sidoarjo, posttest was done after three times of learning implementing Problem Based Instruction. The realization learning, student activities, and student responses data were analyzed descriptive quantitatively. Pretest and posttest data of learning result were analyzed by Wilcoxon signed-rank test and score of N-gain. The result revealed that Problem Based Instruction (PBI) in science learning can be implemented well. The classical mastery score was 96,43. The learning result increased significantly and classical mastery reached 81% and the increase was 0,66 (medium). In the aspect of learning results of attitude, the  classical mastery reached 79% (good). In addiction,  the aspect of skill reached 85% (very good). Almost all of students give positive response of the learning.


 


Key words: Problem Based Instruction (PBI), the realization of learning, the learning result, students response


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.