PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SMP/ MTs KELAS VII

FADIATUS SAADAH BM

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang layak, terlaksana dalam pembelajaran,  hasil belajar dan mendapatkan respon yang baik dari siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, bahan ajar siswa, LKS, dan lembar penilaian. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan Desain instructional development model 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Tahap define didapat bahwa MTs Negeri Gresik menggunakan Kurikulum 2013, namun dalam implementasinya masih menggunakan Kurikulum KTSP. Tahap design menghasilkan desain awal perangkat pembelajaran IPA berorientasi pendekatan contextual teaching and learning. Tahap develop didapatkan saran untuk perbaikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, selanjutnya perangkat pembelajaran divalidasi oleh 2 dosen ahli FMIPA serta 1 praktisi dari guru IPA MTs Negeri Gresik kemudian perangkat pembelajaran diujicobakan secara terbatas kepada 15 siswa kelas VII MTs Negeri Gresik. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, bhan ajar siswa, LKS, dan lembar penilaian berturut-turut diperoleh skor 3,73, 3,58, 3,90, 3,67, dan 3,43 dengan skor maksimal 4. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran memperoleh skor 3,78 dengan  kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa dilihat dari ketercapaian indikator ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan berturut-turut mendapatkan nilai modus ranah sikap sebesar 3,93 dengan kriteria sangat baik, skor rerata ranah pengetahuan sebesar 3,28 dengan huruf B+, dan nilai optimal ranah keterampilan sebesar 3,85 dengan huruf A. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebesar 97% dengan kriteria sangat merespon. Berdasarkan hasil validasi, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa dapat diinterpretasikan perangkat sangat layak.


Kata Kunci: kelayakan perangkat pembelajaran, pendekatan contextual teaching and learning (CTL)


Abstract


This research aims to develop a viable learning instruments, implemented in learning, learning outcomes and get a good response from students. Learning instruments which developed including syllabi, lesson plans, student teaching materials, worksheets, and evaluation sheets. This type of research is the development of instructional design development 4D model proposed by Thiagarajan (1974) which consists of four stages of development (Define, Design, Develop and Disseminate) used to develop a viable learning instruments. Define phase obtained that MTs Gresik using curriculum in 2013, but the implementation is still using the Curriculum KTSP. Stage design produces design-oriented to science teaching device contextual teaching and learning approach. Phase develop suggested for instruments improvements. Next, learning instruments validated by two expert lecturers of Mathematics and Science Faculty and also a practitioner of sains teacher MTsN Gresik then tested learning instruments are limited to 15 students of seventh grade MTsN Gresik. The results of the instruments validation which consist of a syllabi, lesson plans, student teaching materials, worksheets, and assessment sheets successively obtained a score of 3.73, 3.58, 3.90, 3.67, and 3.43 with a maximum score of 4. Results of feasibility study using learning instruments obtained a score of 3.78 with “very well” criteria. The results of students learning achievement indicators seen from the realm of attitudes, knowledge, and skills in a row to get the value of the attitude sphere mode, which is 3.93 with a very good criterion, the realm of knowledge mean score of 3.28 with the “B+” letter, and the optimal value of the realm of skill by 3 , 85 with the “A” letter. The students response toward the learning instruments developed by 97% with “very responding” criteria. Based on the validation results, feasibility study, learning outco feasibility study, learning outcomes, and student responses it can be interpreted as very decent instruments.


Keywords: The feasibility study, contextual approach to teaching and learning (CTL).


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.