UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR IPA SISWA PADA MATERI KEMAGNETAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IX-A MTs NEGERI JUWET NGRONGGOT KAB. NGANJUK

SON HADI PURWITO

Abstract


Abstrak


Telah dilakukan penelitian tentang upaya peningkatan hasil belajar psikomotor IPA siswa pada materi kemagnetan dengan model pembelajaran langsung di kelas IX-A MTs Negeri Juwet Ngronggot Kab. Nganjuk  yang bertujuan untuk penyelesaian peningkatan keterampilan psikomotor IPA siswa dengan model pembelajaran langsung pada materi kemagnetan di kelas IX-A MTs Negeri Juwet Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari persiapan/perencanaan, implementasi/pelaksanaan kegiatan, observasi dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A MTs Negeri Juwet Ngronggot Kab. Nganjuk tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 24 siswa. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, buku siswa, LKS dan kuis, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan model pembelajaran langsung, lembar pengamatan psikomotor siswa dan lembar angket respons siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung telah berjalan efektif karena termasuk dalam kategori baik, hasil belajar psikomotor IPA siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas siklus I sebesar 67,29 dan siklus II sebesar 73,13 dengan ketuntasan klasikal yang sudah sesuai harapan, yakni mencapai ≥ 85% dan siswa menunjukkan respons positif  terhadap pelaksanaan pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar psikomotor IPA siswa pada materi kemagnetan dapat meningkat melalui model pembelajaran langsung.


Kata kunci: Model pembelajaran langsung,    hasil belajar psikomotor IPA siswa, pengelolaan pembelajaran dan respons siswa.


 


Abstract


The research about the increasing student’s learning outcome on psychomotoric domain on magnetism material with direct instruction model in class IX-A MTs Negeri Juwet Ngronggot kab. Nganjuk has been done. The purposed of the research were to finished of increasing  student’s learning outcome on psychomotoric with direct instruction model on magnetism material in class IX-A MTs Negeri Juwet Nganjuk. This research is classroom action research with two cycle which  each cycle consist of preparation/ planning, implementation/execution of activities, observation and reflection. Targets in this research were students of class IX-A MTs Negeri Juwet Ngronggot Kab. Nganjuk school year 2013-2014 which amount 24 students. The device learning consist of  syllabus, lesson plan, student book, worksheet and quiz while the instrument used was sheet management of the direct instruction model, sheet observation of student psychomotor and sheet questionnaire of student response.  Based of research result  have been got teacher’s ability in manage direct instruction has been implement  effective because it was included in good categories and study result of science psychomotor has increeased with average class in cycle I was 67,29 and cycle II was 73,13 were the class completeness has been expected, reaching ≥ 85% and student response indicate positive response to the implementation of direct instruction. From the results of research concluded that study result of science psychomotor on magnetism material can be increased through direct instruction model.


Keywords: Direct instruction model, study result of science psychomotor. Learning management and students response.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.