IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY LEARNING PADA MATERI SUHU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOKERTO

MUJIZATUL AINIYAH

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains setelah menerapkan pembelajaran dengan model inquiry learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pre-test and pos-test design dengan sasaran penelitian yaitu siswa kelas VII-I SMP Negeri 1 Mojokerto. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis keterlaksanaan pembelajaran melalui observasi dan analisis tes keterampilan proses sains berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran telah terlaksana dengan 100% dan memperoleh rata-rata sebesar 3,83 dengan kategori sangat baik. Hasil uji normalitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji-t berpasangan keterampilan proses sains dalam pembelajaran diperoleh thitung>ttabel yaitu 57,25>2,04  dengan α = 0,05.  Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes tiap aspek keterampilan proses sains termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan sebesar 91,2%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inquiry learning pada materi suhu dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Kata Kunci: Model inquiry learning, Keterampilan Proses Sains


Abstract


Aimed this study is to describe the feasibility of learning and skills improvement after applying the learning process of science inquiry learning model. This research is descriptive quantitative research. The research design uses one group pre-test and post-test design with the goal of research that students of class VII-I Junior High School 1 Mojokerto. The data obtained, were analyzed using analysis techniques feasibility of learning through observation and analysis test of science process skills based on the pre-test and post-test students. The results showed that the overall learning has been implemented by 100% and gained an average of 3.83 with a very good category. Normality test results showed that the data are normally distributed. Based on the results of paired t-test science process skills in the learning obtained tcount> ttable is 57.25> 2.04 with α = 0.05.N-gain test results showed that the average results of tests every aspect of science process skills in the high category with a completeness of 91.2%. This suggests that learning by using a model of inquiry learning in the temperature section can improve science process skills of students.


Keywords: Inquiry learning model, Science Process Skills 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.