HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA

SITI ZULI ROISSATUN MUTOHARO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA dan mendeskripsikan besar konstribusi motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan tingkat eksplanasi dan penelitian ex-post facto berdasarkan metode yang digunakan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan korelasi Product Moment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar angket, lembar pengamatan dan lembar soal. Dari keseluruhan data yang didapat melalui angket, lembar pengamatan dan lembar soal tersebut menunjukkan hasil bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA  siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya dan termasuk dalam kategori hubungan kuat. Hasil tersebut ditunjukkan oleh koefisien korelasi yang didapat yakni sebesar 0,602. Hubungan yang positif dalam hal ini dapat dipahami bahwa jika motivasi belajar IPA siswa semakin baik maka pemahaman konsep IPA siswa akan menjadi semakin baik pula. Motivasi belajar IPA siswa memiliki konstribusi yang signifikan terhadap pemahaman konsep  IPA yang dimiliki oleh siswa yakni sebesar 36,24%. Hasil tersebut didapat dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,3624. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dipahami bahwa besarnya konstribusi motivasi belajar terhadap pemahaman konsep  IPA dalam penelitian ini adalah 36,24 %. Sedangkan sisanya sebesar 63,76% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.


Kata kunci : motivasi, pemahaman konsep, IPA.


 


 


 


Abstract


 


This study aimed to describe the relationship between learning motivations towards the understanding of science concept and to describe the contribution of learning motivation to the understanding of science concept to the eight grade students of SMP Negeri 21 Surabaya. The types of this research is descriptive based of explanation level and ex- post facto based of method thad used. These study used descriptive and product moment correlation analysis. The sample of this study was the eight grade students of SMP Negeri 21 Surabaya. The instruments of this study were questionnaires, observation sheet and booklet. All of the data that was collected from The questionnaires, observation sheet and booklet showed that there was a positive relationship between the motivation towards the understanding of science concepts to the eight grade students of SMP Negeri 21 Surabaya and those were included in the strong category relationships. This was proven by the correlation coefficient which was 0,602. From the results, a positive relationship, in this case, can be understood if the students’ motivation in learning science is better, the students’ undertsanding of science concept will be better. The students’ motivation in learning science had a significant contribution to the understanding of science concepts held by students which the amount was 36,24%. These results were gained from the coefficient calculation of determination, which was 0,3624. So it was known that the magnitude of the contribution to the understanding of motivation in learning science concepts in this study was 36,24% while the remaining was 63,76% influenced by other factors that are not revealed in this study.


Keywords: motivation, understanding concepts, science


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.