IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMP NEGERI 1 MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

FAFA NELI SILFANA BM

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkan metode role playing dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Megaluh Kabupaten Jombang. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKS dan media role playing, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket dan observasi motivasi belajar siswa, soal tes, lembar observasi aspek keterampilan dan sikap serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP sebesar 97,37%. Aktivitas siswa yang mempunyai rata-rata skor paling tinggi adalah memainkan peran yang ditunjuk pada role playing, dengan skor sebesar 20% pada pertemuan pertama dan 17,78% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas siswa yang paling rendah yaitu menyampaikan pendapat dan bertanya yaitu masing-masing 2,22% baik pada pertemuan pertama maupun kedua. Motivasi belajar siswa yang awalnya 73,15% meningkat menjadi 79,48%. Hasil peningkatan tersebut didukung dengan adanya observasi motivasi belajar siswa yang awalnya 73,97% pada pertemuan pertama meningkat menjadi 91,21% pada pertemuan kedua. Hasil belajar mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua pada aspek pengetahuan 1,88 menjadi 3,14. Respon siswa terhadap implementasi metode pembelajaran role playing dengan model pembelajaran kooperatif pada materi pemanasan global sebesar 99,62% dengan kategori sangat kuat.


Kata Kunci: role playing, kooperatif, pemanasan global, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.


 


Abstract


This Research was aimed to describe the feasibility lesson plans, student activities, student motivation, learning outcomes and student responses using role playing with a model of cooperative learning. This study use the Pre Experimental Design with one group pretest-posttest design. The sample in this study were students of class VII F SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. The device consists of a syllabus learning, Learning Implementation Plan (RPP), LKS and media role playing, while the instrument used is the observation sheet management of learning, student activity sheet, questionnaire and observation sheet student motivation, test questions, observation sheets aspects of skills and attitudes and sheet student questionnaire responses. The results showed that adherence to the RPP is 97.37%. Activity of students who had average scores highest is playing the role of designated on role playing, with a score of 20% in the first meeting and 17.78% in the second meeting. While the lowest student activity that expression and asked that each well of 2.22% on the first or second meeting. Students' motivation is initially 73.15% increase to 79.48%. The result of this increase is supported by the observation of students' motivation is initially 73.97% in the first meeting increased to 91.21% in the second meeting. Learning outcomes increased from the first meeting to the second meeting at 1.88 becomes 3.14 aspects of knowledge. Students' response to the implementation of the learning method of role playing with a model of cooperative learning on global warming material of 99.62% with a very strong category.


 


Keywords: role playing, cooperative, global warming, student motivation and student learning outcomes.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.