PENERAPAN CARD SORT STRATEGY PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII

ANINDITA AVITANING LAKSMITA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan card sort strategy terhadap hasil belajar pada materi suhu dan perubahannya. Beberapa hal yang dideskripsikan pada penelitian meliputi keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa. Adapun hasil belajar yang diukur meliputi kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 3,50 dan kelas kontrol sebesar 3,51. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas mencapai kategori terlaksana dengan sangat baik. Pada kompetensi sikap menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai yang sama yaitu 4 (empat) dengan kriteria sangat baik. Pada kompetensi pengetahuan, rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dibuktikan dari rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 2,99 dan kelas kontrol sebesar 2,69. Hasil analisa diperoleh bahwa thitung = 2,4 dan ttabel = 1,67 dengan taraf nyata α = 0,05. Sehingga  thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima yaitu rata-rata pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pada kompetensi keterampilan menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada pertemuan pertama, hasil rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen mencapai 3,15 dan kelas kontrol mencapai 3,11. Pada pertemuan kedua, kelas eksperimen mencapai 3,14 dan kelas kontrol mencapai 3,09. Pada hasil respon siswa menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort mendapatkan respon sebesar 78% yang masuk dalam kriteria kuat.


Kata Kunci: strategi card sort, hasil belajar, respon.


Abstract


This study aimed to describe the application of card sort strategy for learning outcomes on the material of temperature and their changes. Some things that were described in the study include the feasibility of learning, learning outcomes and student response. The learning outcomes had been measured include attitude competency, knowledge competency and skills competency. The method that used was quasi-experimental design in the form of nonequivalent control group. The samples that used were students of VII A class as an experimental class and VII G class as a control class. The results showed that the feasibility study on the experimental class of 3.50 and 3.51 for the control class. The average feasibility study on two class achieve very good performing category. In the attitude competency showed that the experimental class and control class get the same value that is 4 (four) with the criteria very well. In the knowledge competency, the average knowledge competency of experimental class is higher than the control class. Evidenced from the average score of posttest experimental class is 2.99 and control class is 2.69. Results of the analysis showed that t = 2.4 and ttable = 1.67 with a significance level α = 0.05. So t> ttable, then Ho is rejected and H1 accepted that on average the experimental class better than the control class. In the skills competency showed that the experimental class is higher than the control class. At the first meeting, the average yield of skills competency the experimental class 3.15 and the control class reached 3.11. At the second meeting of the experimental class reached 3.14 and control class reached 3.09. In the results of student responses indicated that the application of the card sort strategy to get a response by 78% is included in the strong criteria.


Keywords: card sort strategy, learning outcomes, response.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.